cover
Contact Name
Dhimas Wicaksono
Contact Email
p3m@sttkd.ac.id
Phone
+6285729186991
Journal Mail Official
dhimas.wicaksono@sttkd.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.sttkd.ac.id/index.php/ts/Editorial_Team
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
ISSN : 24601608     EISSN : 26223244     DOI : https://doi.org/10.56521/teknika.v8i1
Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine pertama kali terbit pada tahun 2014. Jurnal ini sempat vakum pada tahun 2019, kemudian aktif kembali mulai volume 1 tahun 2020 dan akan terbit 2 volume setiap tahunnya yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2018): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine" : 5 Documents clear
DESAIN DAN IMPLEMENTASI PEMANTAU TEGANGAN DAN ARUS MOTOR DC MENGGUNAKAN KONSEP INTERNET OF THINGS (IOT) Heru Susanto
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine Vol 5 No 1 (2018): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.549 KB)

Abstract

Pemantauan tegangan dan arus pada motor DC dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan konsep Internet of Things (IoT) sehingga pemantauan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Pemantauan menggunakan konsep IoT ini juga dapat dilakukan secara real time menggunakan perangkat PC, laptop, dan smartphone selama perangkat tersebut tetap terhubung dengan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan desain dan implementasi alat untuk memantau tegangan dan arus pada motor DC dengan menggunakan konsep Internet of Things (IoT). Sistem dirancang menggunakan modul sensor tegangan dan arus DC yang dihubungkan ke sebuah multiplexer analog yang keluarannya akan dihubungkan ke I/O analog pada NodeMCU yang sudah dilengkapi dengan modul IoT berupa ESP8266. Data tegangan dan arus hasil pembacaan sensor ini, selanjutnya akan diolah oleh NodeMCU untuk di tampilkan pada sebuah LCD 2x16 dan juga di publikasi ke sebuah broker Thingspeak agar data tersebut dapat disimpan dan di unduh dalam format CSV. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain dan implementasi dari alat pemantau tegangan dan arus pada motor DC menggunakan konsep IoT ini sudah dapat menampilkan hasil berupa data tegangan dan arus yang sesuai antara yang tampil pada LCD dan juga yang terpublikasi pada Thingspeak secara real time. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat selisih sebesar 1% antara data tegangan dari voltmeter DC dengan hasil pembacaan tegangan pada alat, dan selisih sebesar 2% data arus amperemeter DC dengan hasil pembacaan arus pada alat. Hasil data yang ditampilkan pada Thingspeak terdapat jeda waktu yang lebih lambat dari data yang ditampilkan pada LCD
PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL PADA MATERI KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Afif Hasbi Bustomi
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine Vol 5 No 1 (2018): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.349 KB)

Abstract

Buku teks fisika SMA yang kontekstual masih kurang sehingga perlu dikembangkan bahan ajar berupa modul untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, mengukur kelayakan, dan mengukur peningkatan hasil belajar siswa pada penggunaan modul Fisika berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi suhu, kalor, dan perpindahan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi lima langkah yaitu analisis produk yang akan dikembangkan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba skala kecil, dan uji coba skala luas. Modul yang sudah melalui tahap validasi ahli, guru, dan teman sejawat kemudian diujicobakan secara luas kepada 29 siswa di SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo. Hasil analisis data penelitian menunjukkan: 1) karakteristik modul adalah modul dikemas dalam tampilan yang menarik dan mudah digunakan, modul dikemas dengan menyajikan materi secara utuh, kegiatan belajar dalam modul bersifat saintifik yang mendukung Kurikulum 2013, dan modul menyajikan materi yang kontekstual; 2) kelayakan modul dilihat dari penilaian ahli, guru, teman sejawat yang memiliki nilai rata-rata di atas nilai cut off score (89% > 88%) dan penilaian produk oleh siswa (84% > 83%) 3) Penggunaan modul Fisika SMA berbasis CTL dapat meningkatkan hasil belajar (n-gain kategori sedang) dan hasil peningkatan KKM sebelum dan sesudah pembelajaran mencapai 69%.
OPTIMALISASI MODEL PERSEDIAAN ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY (EPQ) MULTI ITEM DENGAN KENDALA INVESTASI DAN KAPASITAS PENYIMPANAN PADA GUDANG PRODUK AKHIR Sigit Susanto
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine Vol 5 No 1 (2018): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.488 KB)

Abstract

Dari latar belakang kondisi perusahaan yang menghasilkan beberapa produk (yaitu tas, jaket, dan sepatu), terbatasnya modal atau kendala investasi, terbatasnya kapasitas penyimpanan dan sistem riilnya berupa lingkungan produksi, diperoleh rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana merumuskan model persediaan pada lingkungan produksi (model Economic Production Quantity/EPQ) yang dibatasi oleh kendala investasi dan kendala kapasitas penyimpanan? Setelah perumusan model diperoleh, dilanjutkan dengan pencarian solusi terhadap model tersebut yang dilakukan menggunakan lagrange multiplier yang meminimumkan total biaya persediaan tanpa melebihi kendala kapasitas penyimpanan maupun kendala investasi.
ANALISIS PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR DAN LONGSOR DENGAN DRONE TYPE MULTICOPTER DI GIRIMULYO, KABUPATEN KULONPROGO Indreswari Suroso
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine Vol 5 No 1 (2018): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.011 KB)

Abstract

Drone merupakan pesawat tanpa pilot. Pesawat ini dikendalikan secara otomatis melalui program komputer yang dirancang, melalui kendali jarak jauh dengan camera otomatis dari pilot yang terdapat di dataran. Drone yang digunakan dalam penelitian ini adalah drone multicopter. Penelitian ini menggunakan metode pemetaan di daerah tanah longsor dan banjir di Desa Giripurwo, Girimulyo, Kulonprogo. Spesifikasi kendaraan adalah sebagai berikut: Frame: F450; Pengendali Penerbangan: DJI Naza M-Lite; Propeller: 1045 Prop; sepeda motor: brushless sunnsky 980 kVa; ESC: Skywalker 40 Ampere 3s; Baterai: Ace 3s Gens 5000mAH; Remote: Turnigy 9XR dengan Frsky Tanseiver; dan kamera: Xiaomi Yi 4k edisi Internasional. Penelitian ini menggunakan multicopter drone. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dengan foto udara daerah rawan banjir dan tanah longsor di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Ketinggian drone multicopter mencapai 30 meter, dapat mencapai area hingga 1 km dan waktu penerbangan 15 menit. Pemerintah Daerah Kulonprogo sangat menghargai penelitian pemetaan untuk pemetaan area banjir dengan drone multicopter di Girimulyo, Kulonprogo.
RANCANG BANGUN AIRFRAME UNMANNED AERIAL VEHICLE BERSAYAP TETAP MENIRU BURUNG Arfie Armelia Erissonia; Reo Yudhono
Teknika STTKD: : Jurnal Teknik, Elektronik, Engine Vol 5 No 1 (2018): Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.905 KB)

Abstract

Burung adalah penerbang alami dan telah menjadi inspirasi dalam pengembangan desain pesawat terbang. Pesawat terbang heavier-than-air pertama yang sukses mengudara, “The Flyer” milik Wright bersaudara, juga didesain dengan meniru prinsip-prinsip kinematika sayap burung. Pada penelitian ini, kami melakukan perancangan dan pembuatan purwarupa airframe unmanned aerial vehicle (UAV) berkonfigurasi sayap tetap dengan bentuk meniru burung Euroasian sparrowhawk (accipter nisus). Material yang digunakan pada pembuatan purwarupa antara lain plastik ABS dari proses 3D printing, kayu balsa, styrofoam dan komposit karbon. Dari purwarupa yang dibuat, didapatkan berat kosong dari UAV sebesar 360 gr. Dengan besar maximum take-off weight (MTOW) berdasarkan desain sebesar 600 gr, maka UAV dapat membawa payload hingga 240 gr. Posisi center of gravity (c.g) dari purwarupa UAV berada di 106,37 mm dari hidung pesawat, atau kira-kira berada di 25% mean aerodynamic chord (m.a.c).

Page 1 of 1 | Total Record : 5